Nama : Putri Ayunda Anggraeni
NIM : 222010200219
Kelas : 5A4 Manajemen
Dosen Pengampu : Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M
Mata Kuliah : Manajemen Bisnis
BAB VII. OPERATIONS MANAGEMENT AND QUALITY
Operasi Produksi
Operasi produksi merupakan rangkaian aktivitas yang mengubah berbagai input, seperti bahan baku, tenaga kerja, dan mesin, menjadi output berupa produk jadi atau jasa. Dengan kata lain, ini adalah proses pembuatan barang atau penyediaan jasa. Operasi produksi berperan penting dalam mendukung tim produk dengan menyederhanakan tugas-tugas rutin, memperkuat komunikasi, dan memastikan tanggung jawab tim terhadap hasil yang dicapai. Secara keseluruhan, operasi produksi mencakup semua aktivitas yang terlibat dalam pembuatan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Menciptakan Nilai Melalui Operasional
Manajemen operasi adalah pengelolaan dan pengendalian yang terorganisir terhadap aktivitas yang mengubah sumber daya menjadi barang jadi atau layanan, dengan tujuan menciptakan nilai dan memberikan manfaat bagi pelanggan.
Terdapat 4 aspek operasi jasa :
1. Interaksi dengan pelanggan
2. Sifat jasa yang tidak terwujud dan tidak dapat disimpan
3. Kehadiran pelanggan dalam proses
4. Pertimbangan kualitas jasa
Proses Operasi
Proses operasi merupkaan kumpulan metode dan teknologi yang diterapkan dalam pembuatan barang atau penyediaan jasa.
Proses produksi barang :
1. Make-to-order versus/proses pembuatan stok
2. Proses produk layanan, tingkat kontribusi pelanggan
3. Low contact system
4. High contact system
Strategi Bisnis sebagai Penggerak Operasional
Perencanaan Operasional
1. Perencanaan Kapasitas
2. Perencanaan Lokasi
3. Perencanaan Tata Letak : tata letak proses, produk, posisi tetap
4. Perencanaan Kualitas
Penjadwalan Operasional
1. Jadwal Operasi Utama
2. Jadwal Rinci
3. Jadwal Staf
4. Jadwal Proyek
Menambah Nilai melalui rantai pasokan
- Strategi rantai pasokan berlandaskan konsep bahwa kolaborasi antara anggota rantai akan menciptakan keunggulan kompetitif dengan beroperasi sebagai satu kesatuan yang terkoordinasi. Meskipun setiap perusahaan tetap mengutamakan kepentingannya sendiri, mereka menjalin kerja sama erat dengan pemasok dan pelanggan di sepanjang rantai pasokan. Fokus utama diarahkan pada keseluruhan hubungan dalam rantai, bukan hanya pada tahap berikutnya.
- Outsourcing dan rantai pasokan global adalah strategi yang melibatkan pembayaran kepada pemasok atau distributor untuk melaksanakan proses bisnis tertentu atau menyediakan bahan dan layanan yang diperlukan. Keputusan untuk melakukan outsourcing ini memperluas jangkauan rantai pasokan.